Hanya satu menit penuh keantusiasanmu.

Aku terbiasa menyimpan semua sendiri. Ya, seorang diri.
Bukan karna aku tak memiliki seorang untuk kujadikan tempat sendu piluku,
hanya karna aku merasa malas untuk sekedar mengungkapkan.

Setiap celotehan bibirku seakan hanya cukup dengan jawaban ‘oh’,
dan cukup dengan jawaban ‘iya’ atau ‘tidak’ untuk setiap pertanyaanku.

Tidak semua. Aku tau memang tidak semua.
Beberapa memang menanggapinya dengan kalimat saran,
ataupun sebuah tanggapan atas celotehanku.
Dibalik semua jawaban panjang itu,
terlihat semua itu hanya sebuah kalimat basa basi.

Aku tau, tanggapan yang seolah-olah peduli itu hanya untuk sebuah formalitas.
Mata itu memang ‘seakan’ memperhatikan,
tapi kenyataannya aku merasa mata yang terlihat bak antusias itu,
sebenarnya tak benar-benar fokus pada apa yang aku katakan.

Apa hanya karena ini bukan yang kalian rasakan?
Sehingga kalian menganggap ini semua hanya selesai dengan jawaban ‘oh’ dan beberapa kalimat basa basi itu.
Apa karna aku bukan termasuk orang terdekat yang tak pantas dihibur?

Tampangku memang tidak mencerminkan orang yang baik dan budi pekerti.
Ah, apalagi cantik.
Tapi bukan berati organ ditubuhku ini robot yang tak pernah mengerti apa itu diacuhkan.
Cerita yang ku lontarkan,
memang tak semenarik novel yang kalian baca.
Tapi bisakah kalian menoleh walau hanya satu menit ?
Hanya sekedar mendengar yang aku ceritakan. Biasakah?
Hanya satu menit penuh keantusiasmu.

Ahh. Sudahlah.
Jangan sadarkan aku,
dari naskah hidupku yang penuh kebualan.
Biarkan seperti ini.
Menganggap seolah-olah kalian antusias,
mendengar apa yang memang aku katakan.
Memberi jawaban dengan hati seolah kalian juga merasakan.

“Bungkam. Ini jawaban dari kebungkamanku tentang semua, pengalamanku. Menganggap semua mendengar dan membiarkan aku merasakan sesuatu yang tak terjadi”

Leave a Reply

