Juluki aku, bedebah keras kapala

bodoh, apa kau tak lihat? jangan mengelak

sudah berapa kali kubilang, simpan saja makianmu

percuma cercaanmu tak ku dengar

karena aku masih menulikan telingaku

 

tak usah diperjelas, cukup dengan tatapan jengkelmu itu

tatapan yang sudah memperjelas sekian prasangkamu

prasangka kataku?

hah, pernyataanku membuat makianmu semakin menjadi

 

tunggu, dunia ini panggung sandiwara kan? seingatku begitu

apa yang batin kalian katakan tentang bagaimana aku, itu benar

aku tak menyangkal karena aku juga mengiyakan

sudah hentikan gurauanmu yang sebenarnya bermakna lain dibalik itu

ingin menyindir halus? hah, konyol

aku manusia. otomatis aku punya hati. dan hatiku cukup peka

 

coba katakan sekali lagi. kau mengenal betul siapa aku? bohong.

 

kata kalian,

lisan yang kasar, lidah tajam melebihi pisau belati

egois, sikap ingin menang sendiri

iya, itu memang wujud topengku

 

kutegaskan sekali lagi …

simpan saja makianmu

buang ludah berhargamu kepada orang yang mau mendengarkan

karena aku masih menulikan telingaku

hatiku kebal terhadap cacian maki

 

terimakasih, atas secara tak sadar kepedulianmu menilai bagaimana aku

aku memakai topengku dengan benar dan memainkan peranku dengan baik

walaupun aku tau aku mendapat peran yang buruk

tolol, bahkan ini bukan sesuatu yang patut dibanggakan

tapi sekiranya aku berhasil menyembunyikan kerapuhanku

keraouhan atas luka yang menganga

 

sesuatu yang tak ingin kuceritakan, goresan luka dari cerita lama

alasan kenapa aku memakai topeng sandiwara

 

aku masih tak berubah pikiran. simpan saja makianmu, karena ini bukan wujud asliku. aku tak ingin kau lelah memakiku yang aku saja masih menulikan telingaku. aku akan terus memainkan peran ini, kawan. juluki saja aku, bedebah keras kepala

 

 

 

Leave a Reply

